July 3, 2019 – News & Blogs

How the Instagram Algorithm Works for Instagram Stories, IGTV and the Explore Page?

FMG Blog-03

Algoritma Instagram yang terus berubah dapat membingungkan untuk perusahaan baru yang masih belum memahami betul tentang pemasaran melalui akses digital. Untuk itu, FMG akan membagikan pengetahuan dan pengalaman mengenai algoritma Instagram yang terbaru.

 #1 Inilah Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Instagram Story

Pada algoritma terbaru Instagram, cara kerja Instagram Story lebih banyak ditekankan pada waktu story tersebut diunggah. Semakin baru story tersebut diunggah, maka akan semakin awal story yang Anda unggah berada di urutan Instagram Story pengikut Anda. Ini terjadi karena Instagram ingin memastikan bahwa informasi yang Anda dapat adalah informasi yang terbaru,

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa story Anda selalu berada di urutan paling depan daftar Instagram Story pengikut Anda;

Tips #1.1 : Konsisten Dalam Mengunggah Instagram Story

Saat ini, pengguna Instagram lebih banyak menghabiskan waktu mereka di Instagram Story dibandingkan dengan di feed mereka. Oleh karena itu, dengan mengunggah lebih banyak story memberikan lebih banyak kesempatan untuk story Anda dilihat oleh orang banyak.

Tips #1.2: Gunakan Fitur Baru Instagram

Dengan algoritma baru Instagram yang mengutamakan interaksi, maka salah satu cara mudah untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan fitur-fitur baru di Instagram Story seperti questions, quiz, poll, chat, dan lainnya memudahkan Anda untuk mendapatkan interaksi tersebut.

Tip #1.3:  Ajak Pengguna untuk Menahan Instagram Story

Ketika pengguna menahan story Anda, Instagram membacanya sebagai sebuah interaksi. Dengan menggunakan stiker lucu, Anda dapat membuat pengikut Anda menonton dan tidak melewati story Anda.

#2 Inilah Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada IGTV

IGTV merupakan salah satu fitur terbaru Instagram yang cara kerjanya pun belum jelas pasti. Namun, berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami, algoritma IGTV pun bekerja dengan cara yang kurang lebih sama dengan Instagram Story. Jadi bagaimana cara agar Anda dapat menarik penonton baru maupun lama untuk menonton video Anda?

Tips #2.1: Gunakan Fitur Preview IGTV di Unggahan untuk Meningkatkan Interaksi Anda

Dengan adanya fitur ini, sekarang pengikut Anda dapat melihat cuplikan dari video yang Anda unggah di IGTV. Jadi, apabila video yang Anda unggah ke feed mendapat banyak penonton maka tak hanya akan menarik penonton ke unggahan IGTV Anda namun juga memberi sinyal pada algoritma Instagram bahwa unggahan Anda berkualitas.

#3 Inilah Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Halaman Jelajah

Meski halaman jelajah memiliki algoritma yang bekerja berbeda dengan fitur Instagram lainnya, namun halaman ini juga mengumpulkan unggahan berdasarkan unggahan yang Anda sukai, akun yang Anda ikuti, dan unggahan yang Anda komentari. Untuk unggahan Anda dapat muncul di halaman jelajah, Anda membutuhkan interaksi pada unggahan tersebut. Selain melalui interaksi, pengguna lain juga dapat menemukan unggahan Anda melalui tagar yang Anda gunakan.

#4 Gunakan Analisa Instagram untuk Mengetahui Apa yang Bekerja dan Apa yang Tidak

Dengan menggunakan fitur analisa Instagram Anda dapat mengetahui jenis unggahan Anda yang dapat menarik perhatian pengikut maupun pengguna yang bukan pengikut Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memfokuskan konten yang Anda unggah di akun Anda.

#5 Inilah Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Feed

Di tahun 2019 ini, unggahan Instagram tidak lagi mendapat perhatian sebanyak dulu. Bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa apa yang Anda unggah hanya muncul pada feed 10% dari pengikut Anda. Oleh karena itu, penting untuk Anda meningkatkan interaksi pada unggahan sehingga unggahan Anda dapat terlihat oleh lebih banyak orang.

Tips #5.1: Lebih Konsisten Dalam Mengunggah

Feed Instagram Anda tidak hanya terdiri dari unggahan milik orang-orang yang Anda ikuti namun juga dari unggahan-unggahan yang Instagram kira akan Anda sukai. Ketika Anda lebih sering mengunggah konten, tidak hanya hal ini akan menarik interaksi dari pengikut, namun juga dapat memberi tahu Instagram bahwa akun Anda berkualitas.   

Tips #5.2: Jaga Hubungan Dengan Pengikut Anda

Algoritma Instagram juga mengukur hubungan Anda dengan pengikut Anda melalui komentar dan like yang Anda lakukan. Semakin sering interaksi terjadi maka Instagram akan mengelompokkan Anda pada bagian “keluarga dan teman” pengikut Anda. Ketika Anda mendapat ratusan komentar pada setiap unggahan, maka akan menjadi cukup sulit untuk Anda membalas semua komentar tersebut. Anda dapat mengatasi ini dengan cara menggunakan fitur notifikasi komentar Instagram. Menjaga desain feed yang konsisten dengan brand Anda juga dapat menarik pengikut baru sehingga pengguna Instagram mengetahui konten akun Anda.

Tips #5.3: Cari Tahu Kapan Pengikut Anda Paling Aktif

Melalui analisa Instagram, Anda dapat mengetahu pada jam berapa pengikut Anda paling aktif. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan mendapat keuntungan yakni setiap unggahan Anda pada jam tersebut, interaksi yang Anda dapatkan akan lebih besar dari jam lainnya. Sehingga kesempatan bagi unggahan Anda untuk dapat dilihat oleh lebih banyak orang menjadi lebih besar.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat mengelola akun Instagram untuk bisnis Anda dengan lebih baik. Namun, dengan FMG, kami akan mengelola akun tersebut untuk Anda tanpa Anda harus memikirkan mengenai tips-tips ini. Hubungi kami sekarang!

News & Events

We take great pride in everything we do.