Search Engine Optimization

By March 17, 2015 SEO No Comments

GoogleSEO
Search Engine Optimization disingkat SEO adalah strategi dan pengelolaan website agar muncul dihalaman pertama mesin pencari ketika orang mengetikan kata kunci yang digunakan. Tujuan pemilik website melakukan SEO adalah agar website dapat mudah ditemukan oleh potensial customer yang sesuai dengan bisnisnya.

Sebelum berbicara tentang SEO, kita perlu mengetahui cara Google dalam menentukan urutan (rank) web kita di Search Engine. Ini 3 langkah cara Google bekerja:

  1. Crawling
    GoogleBot melakukan pencarian dengan melakukan scanning dari website satu ke website lain. Pada proses Crawling GoogleBot mendapatkan informasi serta update terbaru dari semua website tersebut.
  2. Indexing
    Saat Indexing GoogleBot memproses informasi yang didapatkan pada proses Crawling. Pada proses Indexing ini Google memeriksa relevansi antara keyword dengan content web Anda, jika ternyata berbeda maka web tidak terindex. Website akan terindex jika memang content tersebut memiliki relevan dengan keyword, selain itu originalitas dari content turut menentukan web terindex atau tidak.
  3. Ranking
    Ranking adalah proses menentukan urutan dari website yang sudah terindex tadi. Google menentukan urutan berdasarkan penilaian terhadap website yang dikenal dengan istilah Page Rank. Page Rank ditentukan dari kredibilitas sebuah web yang dilihat dari beberapa hal yaitu: berapa lama web ini ada, konsistensi web tersebut, berapa banyak back-link dari web lain yang memiliki Page Rank baik.

Dalam melakukan SEO kita perlu melakukan dari 2 hal yaitu:

On-Page SEO
Proses optimalisasi SEO yang dilakukan didalam website, antara lain:

  1. Title & Meta Tag Optimization
    Gunakan kata kunci yang ingin dioptimalkan pada judul halaman web, meta keyword, meta description. Tujuan semua itu agar web dapat ditemukan dengan mudah pada proses Crawling.
  2. Create a Sitemap
    GoogleBot akan lebih mudah menemukan website yang memiliki Sitemap XML. Dalam hal ini kita bisa meminta programmer untuk membuat sitemap XML, tetapi jika Anda menggunakan WordPress Anda cukup menginstall Google XML Sitemaps.
  3. Relevan Content Creation
    Proses membuat artikel rutin yang isinya relevan dengan kata kunci yang sedang dioptimalkan. Hal ini sangat penting pada proses Indexing, Google akan melihat relevansi keyword dengan isi web.  Jika ternyata website isinya tidak relevan maka website kita tidak akan terindex oleh Google.
  4. Content Optimization
    Agar content Anda lebih mudah lagi dicari oleh GoogleBot Anda perlu mengoptimalkan dengan menggunakan Heading yang mengandung kata kunci tersebut. Jika dalam bahasa HTML nya adalah heading adalah kalimat yang diapit oleh <H1></H1>
  5. Internal Link
    Untuk istilah yang tidak umum buatlah link ke halaman yang menjelaskan arti dari kata tersebut.

Off-Page SEO
Proses optimalisasi SEO yang dilakukan dari luar website. Dalam proses ini antara lain yang dilakukan adalah:

  1. Posting Sitemap to Google Webmaster Tools
    Agar sitemap  mudah ditemukan oleh Google maka Anda perlu mempostingnya ke Google Webmaster Tools, tetapi sebelumnya wajib memiliki account gmail untuk memposting sitemap.
  2. Posting Article and Create Quality Back-Link
    Kita wajib memiliki banyak back-link dari website yang memiliki kredibilitas baik tujuannya untuk meningkatkan Page Rank.
  3. Create Update Social Media Profile
    Sebuah web dinilai lebih kredible jika memiliki account social media yang aktif dan terhubung dengan alamat web tersebut. Setiap ada update dari social media tersebut maka itu yang disebut dengan social media signal, ini meningkatkan Page Rank.
  4. Social Media Bookmark
    Dalam rangka meningkatkan kredibilitas kita juga perlu melakukan bookmark ke web social media bookmarking yang berkualitas.

Leave a Reply

GET YOUR SOLUTION RIGHT NOW CALL US