Digital Marketing focus on Brand Awareness

By December 29, 2015 Digital Marketing No Comments

Telah kita ketahui sebelumnya goal seseorang dalam melakukan Digital Marketing dibagi menjadi 4 yaitu: Brand Awareness, Sales Conversion, Customer Loyalty dan Brand Reputation. Jika goal Anda melakukan Digital Marketing untuk Brand Awareness memiliki 6 langkah yang harus Anda lakukan yaitu :

  1. Define Your Target Market & Industry Category:
    Langkah yang Anda perlu lakukan yaituPertama kita harus melakukan pemetaan yaitu menentukan :
    – Siapakah Target Market Anda, dengan mengetahui target market Anda maka menjadi pertimbangan untuk memilih media online yang Anda ingin gunakan untuk campaign.
    – Apakah kategori industri Anda, sama halnya dengan mengetahui kategori bisnis akan membantu Anda dalam memilih media online.
  2. Categorize Your Ads Group 
    Langkah selanjutnya Anda perlu mengelompokan beberapa iklan Anda sesuai dengan kategori target market atau jenis produk Anda.
  3. Prepare Your Landing Pages
    Setelah Anda mengelompokan iklan Anda, selanjutnya Anda perlu menyiapkan landing Pages yang relevan dengan group iklan Anda. Tujuannya agar setiap iklan tersebut ketika diklik akan langsung menuju ke halaman isinya yang relevan dengan iklan tersebut.
  4. Prepare Your Campaign
    Langkah berikutnya Anda menyiapkan Campaign Anda, yaitu :
    – Pertama mulai dari mendesign banner iklan Anda.
    – Gunakan gambar yang menarik mata sehingga membuat orang mau mengklik banner iklan Anda.
    – Buatlah beberapa variasi design sesuai dengan masing-masing kelompok tema iklan Anda, setiap kelompok iklan minimal Anda memiliki 2 variasi design.
  5. Run Your Campaign
    Setelah semuanya siap (group iklan, landing pages dan banner iklan) maka selanjutnya jalankan iklan Anda. Media iklan yang Anda dapat gunakan untuk iklan yang focus pada Brand Awareness antara lain: GDN (Google Display Network), Facebook Ads, Youtube Ads, Instagram Ads, etc. Untuk awal untuk masing-masing kelompok iklan Anda bisa gunakan budget yang sama, misalnya Anda gunakan budget maksimal per hari Rp. 50.000 untuk masing-masing kelompok iklan.
  6. Optimise Your Campaign
    Langkah berikutnya adalah bagaimana Anda mengoptimalkan Campaign Anda yaitu :
    – Pertama perhatikan iklan Anda apakah mendapat persetujuan atau tidak, jika tidak Anda harus membaca alasan mengapa iklan Anda tidak disetujui, dan perbaiki berdasarkan informasi tersebut.
    – Kedua biarkan iklan Anda berjalan  3(tiga) hari kemudian lihatlah dari semua iklan itu manakah yang paling effektif menghasilkan impression dan klik, kemudian untuk iklan yang tidak effektif Anda bisa hapus atau kurangi budgetnya, sebaliknya untuk iklan yang effektif Anda tambahkan budget iklannya.

Cara mengukur tingkat kesuksesan Iklan Focus On Brand Awareness adalah berdasarkan berapa jumlah impression, klik dan view.

Berikut ini adalah Media-Media yang dapat digunakan dan KPI-nya:

BrandAwareness

GET YOUR SOLUTION RIGHT NOW CALL US