Cara Memulai Digital Marketing untuk bisnis Anda

By December 28, 2015 Digital Marketing No Comments

Anda tentu sudah mengetahui Digital Marketing sangat bermanfaat untuk bisnis Anda, tetapi kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana cara memulainya ? Melalui artikel ini kami akan mengajarkan kepada Anda step by step cara memulai Digital Marketing yang benar.

Pada dasarnya untuk melakukan persiapan Digital Marketing Anda ada 4 tahapan yaitu:

  1. Define Your Goal
    Sama hal untuk memulai sebuah perjalanan Anda harus menentukan tujuan Anda, demikian pula untuk memulai digital marketing Anda harus menentukan tujuan Anda. Kenapa Anda harus memilih tujuan terlebih dahulu, karena pada setiap tujuan memiliki methodology/ cara yang berbeda, jika salah memilih tujuan maka Anda akan membuang-buang waktu dan biaya percuma. Pada dasarnya Digital Marketing memiliki 4 jenis tujuan yaitu:
    Brand Awareness : Bila Anda memiliki brand atau produk baru maka tujuan ini sangat tepat untuk dipilih, terutama jika Anda memiliki produk atau service yang kebutuhannya masih sedikit, Anda bisa menggunakan Google Trend atau Google Keyword Tools untuk mengetahui jumlah permintaan akan produk atau services Anda, jika jumlah perbulannya masih kecil maka Anda wajib memilih Brand Awareness sebagai tujuan Anda.
    Sales Conversion : Bila Anda memiliki brand atau produk yang memiliki banyak permintaan di online maka Anda baru dapat memilih Sales Conversion sebagai tujuan Anda.
    Customer Loyalty : Bila Anda mengetahui bahwa Anda lebih untuk meningkatkan kuantitas pembelian customer Anda dibandingkan mendapatkan customer baru maka tujuan Customer Loyalty yang harus Anda pilih.
    Brand Reputation : Bila Anda mengetahui bahwa reputasi menjadi hal yang sangat significant pada bisnis Anda, dan bisnis Anda memiliki reputasi yang kurang baik maka Anda harus memilih tujuan Brand Reputation terlebih dahulu.
  2. Prepare Your Content
    Setelah menentukan tujuan maka content adalah hal pertama yang harus Anda siapkan, karena akan sangat percuma Anda memiliki website jika content website tersebut tidak bisa menarik bagi calon pembeli Anda. Ada 5 Content dasar yang harus Anda siapkan yaitu :
    – Useful Content : Content yang bermanfaat bagi calon pembeli Anda, misalnya jika Anda menjual produk Asuransi, Anda bisa membuat tips tentang bagaimana memilih Asuransi yang tepat bagi mereka.
    – Brand Story : Content yang bercerita mengenai Brand atau perusahaan Anda, setiap brand yang besar pasti memiliki cerita yang baik.
    – Creating Needs : Content yang bertujuan untuk menciptakan kebutuhan terhadap produk Anda, misalnya isinya mengenai alasan mengapa orang harus membeli produk Anda.
    – Trust Building : Content yang dapat membangun kepercayaan, misalnya Anda masukan : Portfolio Bisnis Anda, Daftar Client atau Testimonial kepuasan pelanggan Anda.
    – Call to Action : Content yang isinya form contact beserta contact person yang bisa dihubungi saat itu juga, atau Content yang isinya menarik orang untuk melakukan Action saat itu juga, misalnya: dapatkan free trial dengan mendaftarkan data diri Anda sekarang.
  3. Develop Your Digital Tools
    Setelah Anda memiliki Content yang baik maka selanjutnya Anda kembangkan Digital Tools Anda, mulailah dari membuat Website yang representative. Ada 4 hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat sebuah Website antara lain:
    – Structure Menu : Selalu berpikir dari cara berpikir pengunjung Anda, selalu permudah mereka dalam mencari content yang mereka butuhkan dan urutkan content menu dari apa yang menurut mereka penting sampai kepada content yang paling penting bagi mereka.
    – Web Design : Buatlah design yang user friendly, dari tampilannya harus memberikan kemudahan bagi mereka menggunakan website Anda, buatlah layout yang baik, dan gunakan tombol menu yang jelas terbaca, serta gunakan jenis font yang jelas dan nyaman untuk dibaca.
    – Web Feature : Buatlah fitur-fitur yang bermanfaat bagi pengguna website Anda, misalnya berikan fitur Search didalam internal web Anda jadi memudahkan mereka dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Buatlah interactive fitur misalnya berupa calculator, polling dan lain-lain.
    – Video : Buatlah video yang menjelaskan tentang bisnis atau produk Anda secara lebih informative.
  4. Prepare Your Campaign
    Setelah memiliki Digital Tools saatnya Anda menyiapkan Campaign Digital Marketing Anda. Anda bisa memilih Media Advertising yang sesuai dengan tujuan Anda. Selanjutnya Anda menyiapkan iklan Anda dan mengoptimalkan dengan metode yang sesuai dengan masing-masing media Advertising yang Anda gunakan.

Leave a Reply

GET YOUR SOLUTION RIGHT NOW CALL US